Info Sekolah
Minggu, 17 Okt 2021
  • SMPN 11 Madiun Menumbuhkan Karakter Kuat , Mengukir Generasi Hebat

Sekuter Si Beti

Diterbitkan : - Kategori : Berita Umum

Menyelenggarakan pelayanan pendidikan yang terbaik menjadi impian setiap sekolah. Namun demikian dalam perjalanannya tidaklah selalu mudah. Demikian juga yang terjadi di SMP Negeri 11 Madiun.

Berangkat dari latar belakang ya ng beragam, membuat kondisi siswa SMP Negeri 11 Madiun begitu heterogen. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah adanya siswa yang membolos sekolah. Membolos sekolah menjadi salah satu penyebab menurunnya prestasi siswa dan karakter positif siswa. Karakter yang hilang dari sifat membolos adalah tanggung jawab, jujur dan disiplin. Hal ini mendorong guru SMP Negeri 11 Madiun membuat inovasi pelayanan publik yang diberi nama Sekuter Si Beti.

Sekuter Si Beti kepanjangan dari Sekolah Kunjungan Muter Sidak Beri Edukasi Tanaman Inovasi. Bentuk kegiatan dari program ini adalah tim GDS (BK, Kesiswaan, Wali Kelas)  mendatangi rumah siswa atau home visit untuk mengetahui penyebab siswa membolos, memberikan edukasi dan pengarahan serta memberikan 1 tanaman produktif yang dapat menghasilkan buah atau sayur. Tugas siswa berikutnya adalah harus merawat tanaman tersebut hingga berbuah dan dimanfaatkan untuk konsumsi keluarga.

Program ini unik karena mengkorelasikan antara pelayanan pendidikan dengan media tanaman produktif.. Jika kita berpikir lebih jauh, dalam tugas memelihara dan merawat benih tanaman produktif itu terdapat beberapa penumbuhan karakter siswa diantaranya karakter tanggung jawab. Siswa harus bertanggung jawab merawat tanaman tersebut sampai dapat menghasilkan sebuah kebermanfaatan bagi keluarga yaitu pemenuhan gizi. Karakter yang juga diharapkan muncul dari program ini adalah sifat disiplin. Dan yang tak kalah penting adalah karakter kejujuran. Siswa harus jujur bahwa dia yang merawat tanaman tersebut bukan orang lain.

Ketika tanaman tersebut sudah berbuah maka timbullah rasa bangga dan kepercayaan diri yang bertambah. Siswa sudah merasa bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat. Karakter itulah yang akan dia bawa ke sekolah sebagai bekal awal menghapus sifat membolosnya. Dalam program ini sekolah berusaha memberikan pelayanan setulus hati, mendidik dengan kasih sayang, serta mendisiplinkan dengan proses yang edukatif. Kehangatan pembinaan dari guru-guru SMP Negeri 11 Madiun diharapkan mampu memberikan warna yang indah bagi perkembangan kejiwaan dan prestasi siswa untuk meraih masa depannya yang gemilang.

Hal ini selaras dan harmoni dengan slogan SMP Negeri 11 Madiun yaitu “menumbuhkan karakter kuat mengukir generasi hebat”.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar