Info Sekolah
Senin, 04 Jul 2022
  • SMPN 11 Madiun Menumbuhkan Karakter Kuat , Mengukir Generasi Hebat

JUARA 1 LOMBA ODL (outdoor learning) Tingkat SMP SeKota Madiun Tahun 2022

                                                                       SUPER OUTDOOR LEARNING SPENSEN, HEBAT!!!

TEMA : LINGKUNGAN SAHABATKU

 

Alam memberikan kekayaan yang tidak ternilai harganya. Dalam ranah pendidikan, alam takambang jadi guru, artinya alam terbentang atau lingkungan merupakan sumber inspirasi, media pembelajaran konkrit yang mendukung siswa untuk bereksplorasi secara maksimal.  Every place is a school, and everyone is a teacher. Artinya bahwa setiap tempat bisa menjadi tempat belajar, setiap orang bisa menjadi guru, proses pembelajaran bisa di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Begitu juga dengan pembelajaran tidak harus di dalam kelas sebab setiap tempat dapat menjadi tempat untuk belajar.

Pembelajaran di luar kelas yang didesain agar siswa mempelajari langsung materi pelajaran pada objek yang sebenarnya dikenal dengan nama outdoor learning. Outdoor learning muncul sebagai sebuah gagasan baru dalam pendekatan pembelajaran sebagai kekuatan untuk mengaplikasikan ilmu dari kelas ke dunia nyata. Outdoor learning juga merupakan wujud dukungan terhadap merdeka belajar serta penguatan karakter profil pelajar pancasila.

SMP Negeri 11 Madiun mengajak para siswanya untuk giat Super Outdoor learning di kampung tematik Destinasi Wisata Edukasi kota Madiun yaitu Bumi Semendung, dengan mengambil tema Lingkungan Sahabatku. Kegiatan meliputi aplikasi pembelajaran ekosistem, dengan mengobservasi area persawahan serta wawancara dengan petani. Dalam konteks matematika, para siswa menghitung jumlah pengunjung serta membuat dalam bentuk grafik dan prosentase. Di Bumi Semendung juga terdapat 2 replika sejarah yaitu stupa dan tugu Jogja sebagai media pembelajaran sejarah. Keindahan panorama Bumi Semendung juga diabadikan siswa dalam bentuk sketsa lukisan. Kemampuan bahasa siswa juga terasah dengan tugas pembuatan vlog untuk mempromosikan destinasi wisata edukasi Bumi Semendung agar lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat dari keberadaan Wisata Edukasi Bumi Semendung. Tak hanya itu, semua data hasil pengamatan diolah dalam moda digital melalui laptop bantuan Dinas Pendidikan kota Madiun.

Untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran, diterapkan Metode TANDUR, yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan.

Tumbuhkan, yakni kegiatan pembuka untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa tentang materi yang akan dipelajari sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat proses belajar lebih menyenangkan.

Alami, merupakan tahap saat siswa merdeka bereksplorasi sehingga mendapatkan pengalaman baru. Kegiatan berupa kegiatan pengamatan, praktikum serta wawancara untuk menciptakan pemahaman konsep pada siswa.

Namai, merupakan tahap mengkonstruksi pengetahuan, menemukan konsep atas pengalaman yang telah dilewati. Tahap ini memacu struktur kognitif siswa untuk memberikan identitas, menguatkan dan mendefinisikan apa yang dialaminya.

Demonstrasikan, yaitu menyediakan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan apa yang telah mereka ketahui  dengan penyajian di depan guru dan teman-temannya.

Ulangi, yaitu eratkan pengetahuan yang telah didapat dalam fikiran siswa, untuk memperkuat hubungan-hubungan saraf yang dapat meningkatkan ingatan, dengan cara penguatan materi, diskusi, tanya jawab atau latihan problem solving.

Rayakan, yaitu menutup pembelajaran dengan suatu perayaan menimbulkan perasaan bangga, senang, dan kesuksesan.

Dengan super outdoor learning, para siswa mampu menemukan hal-hal baru/ discovery, meningkatkan sikap kerjasama, kemadirian serta timbul jiwa kepedulian lingkungan.